Rabu, 06 Februari 2013

PERTAMBAHAN PENDUDUK DAN KETERSEDIAAN LISTRIK


Setiap pertambahan penduduk di suatu daerah pasti memerlukan berbagai keperluan hidup yaitu, pangan, perumahan, pendidikan, sarana sosial dan lain sebagainya tidak terkecuali  Kota Pontianak. Kota Pontianak juga mengalami masalah  dalam hal kependudukan. Pertumbuhan penduduk Kota pontianak tergolong tinggi sedangkan kemampuan pemerintah untuk menyediakan berbagai sarana kehidupan amat terbatas termasuk penyediaan sarana listrik.

Pertumbuhan penduduk Kota Pontianak  hasil sensus penduduk tahun 2010  masih berkisar  1,81% pertahun ini berarti pemerintah harus menyiapkan  fasilitas hidup yang lebih banyak. Dengan jumlah penduduk 554.764 jiwa pada tahun 2010 hasil Sensus Penduduk, maka diperkirakan telah terjadi penambahan penduduk sekitar 30.000 jiwa pada tahun 2013. Dengan penambahan jumlah penduduk tersebut, maka   berbagai kebutuhan juga akan bertambah. Salah satu diantaranya adalah kebutuhan akan listrik.
Penerangan rumah tangga dengan listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting, walaupun belum termasuk kebutuhan pokok. Dengan adanya listrik dalam setiap rumah maka kehidupan keluarga akan terasa lebih nyaman sebab listrik dapat berfungsi serba guna. Selain untuk penerangan juga untuk kepentingan lainnya seperti televise, radio, setrika, magic jar, kulkas, mesin air, AC   dan lain sebagainya bahkan tidak sedikit masyarakat memanfaatkan listrik untuk menunjang usaha rumah tangga dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya. 

Dalam kenyataan sekarang ini masih terjadi ketidak-seimbangan antara jumlah pertambahan penduduk dengan pelayanan terhadap kepentingan masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan listrik. Ketidak-seimbangan ini akan menimbulkan berbagai akibat yang tidak menguntungkan baik untuk pemerintah maupun untuk masyarakat sendiri.  

Karena laju pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan penambahan daya listrik bahkan jauh dari mencukupi. Untuk itu mari kita berkontribusi dalam Pelayanan listrik melalui pengendalian kelahiran (By. Luthfi, Widyaiswara Madya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimasih telah memberikan komentar