Rabu, 19 Juni 2013

PENYUSUNAN GRAND DESIGN KUANTITAS PENDUDUK MILIKI ARTI PENTING DAN STRATEGIS

         Pontianak (19-06-2013). Untuk menentukan strategi dan arah pembangunan pada masa yang akan datang diperlukan Grand Design Kuantitas Penduduk yang tepat dan akurat. Sedangkan untuk menentukan Grand Design Kuantitas  Penduduk yang dan akurat tersebut diperlukan strategi penyusunan yang dilandasi dengan dasar-dasar demografi, arah dan kebijakan pembangunan berwawasan kependudukan, spektrum kependudukan serta parameter-parameter kependudukan yang tepat dan realistis. Ungkapan tersebut disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Ir.Dwi Listyawardani M.Sc DipCom ketika memberikan pengarahan sekaligus membuka Pelatihan Penyusunan Grand Design Kuantitas Penduduk yang berlangsung Rabu (19-06-2013) di Aula Kencana BKKBN Provinsi Kalbar. 

                              Ket: Kaper BKKBN Kalbar Ir.Dwi Listyawardani M.Sc DipCom
                                            mengalungkan tanda peserta (foto Adi)


"Data kependudukan seperti kelahiran, kematian serta migrasi dan parameter kependudukan lainnya, memegang peranan yang sangat penting dalam penentuan arah dan kebijakan pembangunan di masa mendatang" ungkap Dwi Listyawardani. Menurutnya Grand Design yang lebih sering disebut Proyeksi kependudukan ini menjadi dasar bagi penentuan arah kebijakan pembangunan, maupun sebagai sumber informasi yang sangat penting bagi komponen-komponen yang memerlukanya.
         
           Berkaitan dengan hal itu kepada para peserta Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar Dwi Listyawardani minta agar selama mengikuti pelatihan dapat mencurahkan perhatiannya secara serius, dengan harapan sekembalinya di daerah masing-masing dapat menyusun Grand Design kuantitas penduduk di daerahnya, serta membantu Pemerintah  dalam menyiapkan data dan proyeksi kependudukan sesuai yang diinginkan. Sementara itu ketua panitia penyelenggara Julaecha Padma Ichwani S.Psi MAPS dalam laporannya mengatakan, pelatihan ini diikuti 32 peserta dari unsur SKPD KB, Dinas atau Badan yang menangani masalah Kependudukan dan Catatan Sipil, Bappeda, serta Badan Pusat Statistik dari provinsi, kabupaten dan kota se Kalimantan Barat. Pelatihan yang diisi dengan penyampaikan materi oleh widyaiswara, pakar kependudukan, Ketua Koalisi Kependudukan, serta Ikatan Peminat dan Ahli Demografi ini berlangsung mulai tanggal 18 sampai dengan 22 Juni 2013 di Pontianak. (by Adi Latbang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimasih telah memberikan komentar