Kamis, 13 Februari 2014

Bonus Demografi Merupakan Peluang Memajukan Daerah


           Pontianak (13/2/2014) Bonus Demografi atau window of Opurtunitty merupakan peluang untuk memajukan suatu daerah. Ungkapan tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Kependudukan Perwakilan BKKBN provinsi Kalimantan Barat Drs.Gun Djamani ketika membuka Seminar Kesehatan Reproduksi dan Bonus Demografi yang diselenggarakan di Aula Kencana BKKBN Kalbar. Namun demikian menurut Gun Djamani, Bonus demografi juga menjadi bumerang bagi daerah itu sendiri, jika tidak dimanfaatkan dengan optimal. 

 Ket: Kabid Dalduk BKKBN Kalbar Drs.Gun Djamani sedang menyampaikan 
sambutan (foto Adi)


“Bonus demografi merupakan peluang untuk memajukan suatu daerah, namun demikian sebaliknya bonus demografi bisa juga menjadi bumerang bagi daerah itu sendiri jika tidak dimanfaatkan dengan baik” kata Gun Djamani. Menurutnya Bonus Demografi yang ditandai dengan jumlah penduduk produktif lebih banyak dibanding jumlah penduduk tidak produktif, akan memungkinkan daerah tersebut untuk meningkatkan perekonomian daerahnya yang dampaknya adalah meningkatnya taraf kesehateraan masyarakat di daerah itu. Sebaliknya jika penduduk usia produktifnya sedikit dibanding usia tidak produktif, maka beban yang ditanggung penduduk usia produktif ini semakin berat.

            Namun demikian menurut Gun Djamani untuk dapat memanfaatkan Bonus Demografi tersebut menjadi peluang emas, diperlukan persyaratan antara lain penduduknya harus berkualitas yang ditandai dengan meningkatnya derajat kesehatan dan pendidikan warganya, tenaga kerjanya dapat terserap dalam pasar kerja, Adanya tabungan atau saving dan kaum wanita dapat terserap dalam lapangan pekerjaan. Gun Djamani mencontohkan, kota Pontianak saat ini sudah memasuki bonus demografi, namun sebaliknya ada kabupaten seperti Sambas justru belum ada tanda-tanda kapan memasuki bonus demografi. Kondisi seperti ini harus segera direspon Pemerintah Daerah dan warga masyarakat sendiri agar lebih kreatif dan produktif dalam memanfaatkan peluang-peluang yang ada guna meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraannya.

            Seminar Kesehatan Reproduksi dan Bonus Demografi ini diselenggarakan oleh Koalisi Muda Kependudukan Kalimantan Barat, dan diikuti unsur mahasiswa, dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta,  organisasi kepemudaan dan aktifis mahasiswa. Diharapkan dengan adanya seminar ini akan memberikan wawasan kepada para generasi muda terutama mahasiswa sehingga akan menyikapi moment bonus demografi tersebut untuk meningkatkan produktifitasnya. (by Ad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimasih telah memberikan komentar