Kamis, 28 November 2013

Dwi Listyawardani: “Renstra Penting bagi Pembangunan KKB”


       Pontianak (28/11/13). Sebanyak 39 pejabat struktural pengelola program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) Kabupaten/kota, unsur Bappeda, Dinas Kesehatan, Akademisi dan tokoh masyarakat se Kalimantan Barat, sejak 25 November lalu hingga 25 November 2013, mengikuti pelatihan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) di Pontianak. Kepala Perwakilan BKKBN provinsi Kalimantan Barat Ir.Dwi Listyawardani M.Sc DipCom ketika membuka pelatihan tersebut mengatakan:” Renstra memiliki arti yang sangat penting bagi pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana”

 Ket: Kaper BKKBN Kalbar Ir.Dwi Listyawardani selain menyampaikan sambutan
juga memfasilitasi diskusi analisis masalah KKB (by Ad)


Menurutnya dengan Renstra pemerintah provinsi, kabupaten/kota dapat memproyeksikan tujuan pencapaian pembangunan KKB di daerah masing-masing.
             
          Dicontohkan Total Fertility Rates (TFR) untuk kabupaten Sambas misalnya saat ini mencapai 3,2, untuk dapat menurunkan TFR ini pada angka 2,6 dalam jangka tahun tertentu, diperlukan upaya-upaya strategis seperti optimalisasi tenaga bidan, sarana dan prasarana pelayanan KB, peningkatan promosi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) dan pemanfaatan moment-moment tertentu untuk pelayanan KB gratis kepada masyarakat. Menurut Ir.Dwi listyawardani M.Sc DipCom, karena masing-masing daerah memiliki karakteristik dan potensi yang  berbeda-beda, maka pelaksanaan penyususnan Renstranya melibatkan semua unsur termasuk akademisi dan tokoh masyarakat setempat.
            
          Dalam pelatihan ini peserta di fasilitasi untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang ada di daerah masing-masing menggunakan metode analisis SWOT, yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk Rencana Strategis pembangunan KKB di kabupaten/kota tempatnya bertugas. Diharapkan Renstra yang sudah disusun ini selanjutnya di sampaikan kepada Bupati/walikota maupun pihak DPRD, dengan tujuan agar mendapatkan dukungan baik dari segi anggaran maupun komitment. (by Adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimasih telah memberikan komentar