Selasa, 26 November 2013

BKKBN Kalbar Gandeng IPADI Lakukan Pengumpulan Data IPBK


               Pontianak, 26 /11/13. Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Ikatan Peminat dan Ahli Demografi Indonesia (IPADI) untuk melaksanakan pengumpulan data Indeks Pembangunan Berbasis Kependudukan (IPBK).  Dalam pelatihan Technical Asistent (TA) yang berlangsung di Pontianak Sabtu siang, Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar melalui Kabid Latbang Ir.Aulia Arfiansyah Arief M.Si mengatakan, pengumpulan data IPBK ini dimaksudkan untuk menggali berbagai informasi, data dan fakta tentang program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten dan kota di Kalimantan Barat.

 Ket : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Untan Pontianak mengikuti Technical assistant
                 penelitian IPBK di Aula Kencana BKKBN Kalbar (foto Adi)



Penelitian ini menindaklanjuti tekat dari BKKBN untuk menghimpun informasi selengkap-lengkapnya tentang program pembangunan yang dilaksanakan oleh masing-masing Pemerintah kabupaten dan kota yang apakah sudah memiliki wawasan kependudukan atau belum. Hasil penelitian ini dinilai sangat penting dan strategis dalam menentukan kebijakan dan program pembanguanan Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) di masa mendatang.
            Dalam operasionalnya IPADI akan melibatkan 12 orang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak, untuk melakukan penelitian ke lapangan dengan didampingi dosen dari Fakul Ekonomi setempat. Dalam TA tersebut Pengurus IPADI Kalbar Ida Kartini yang didampingi Sukarsih Panjaitan  mengatakan, diturunkannya mahasiswa ini diharapkan akan dapat menghimpun semua data dan informasi yang lebih lengkap. Menurutnya ke-12 orang mahasiswa ini akan melakukan penelitian di 14 kabupaten dan kota  di Kalimantan Barat yang fokus penelitiannya antara lain meliputi, komitmen Pemkab/pemkot dalam mengalokasikan anggaran untuk program kependudukan dan lingkungan, masalah limbah, jumlah penduduk dan sektor mata pencaharian yang digelutinya dan komitment daerah dalam program KKB. (by Adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimasih telah memberikan komentar