Jumat, 23 Agustus 2013

SPIRIT REFRESHING PLKB AGAR DIJADIKAN PEMACU KINERJA DI LAPANGAN

           Kubu Raya (23/8/2013): Pola pelaksanaan refreshing PLKB/PKB yang sebelumnya lebih banyak dilaksanakan di kelas melalui pola pembelajaran, pada Refreshing  yang berlangsung sejak hari Selasa (20/8/2013) dan ditutup Jum’at (23/8/2013),  pola pelaksanaannya dikembangkan dengan memadukan materi pembelajaran di kelas dan kegiatan out bond di lapangan. Demikian halnya dengan tempat pelaksanaan refreshing yang selama ini dilaksanakan di Diklat BKKBN Provinsi Kalimantan Barat,  kali ini dilaksanakan di sebuah hotel yang cukup representatif di Kabupaten Kubu Raya. PLH Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Eka Sulistia Ediningsih SH, M.Si ketika menutup Refreshing PLKB/PKB siag tadi mengatakan, perubahan pola pelaksanaan refreshing ini diharapkan akan semakin memacu kinerja PLKB/PKB di lapangan.

Ket : salah satu permainan melewati jaring "laba-laba" (foto: Adi)
“Dari hasil feedback dikatakan bahwa peserta semua merasa puas dengan sistem refreshing kali ini, dan terlihat peserta lebih semangat mengikuti semua tahapan kegiatan. Untuk itu saya minta agar semangat yang terbangun ini dijadikan pemacu kinerja di daeah masing-masing”, ungkap Eka.

            Dalam kegiatan Refreshing kali ini didahului dengan kegiatan senam pagi, sedangkan materi tori diberikan dalam kelas yang lebih mengedepankan aspek peningakatan kapasitas kinerja PLKB, yang dalam pelaksanaannya diselingi dengan diskusi dan simulasi. Sementara kegiatan outbond di lapangan diisi dengan berbagai permainan seperti, menyeberangi jaring “laba-laba”, pesan berantai, estafet menaiki ban, memindahkan galon air tanpa menyentuh galonnya, memindahkan ember berisi air menggunakan tali, dan beberapa permainan lainnya yang intinya mengedepankan kerjasama kelompok. Menurut widyaiswara BKKBN Kalbar Drs.M.Luthfi M.Kes berbagai permainan ini dimaksduakan untuk membangun kebersamaan, kekompakan, dan menumbuhkan kejujuran anggota tim, yang bermanfaat untuk diaplikasikan dalam kinerja sehari-hari. “ semua peserta menikmati permainan, dan bersemangat. Ini yang senagaja kita bangun” ujar M.Luthfi. Kegiatan refreshing angkatan I ini diikuti 69 PLKB/PKB dari 9 kabupaten dan kota se-Kalbar. (by Adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimasih telah memberikan komentar